Beranda » Bisnis » 64 Peserta Ikut Expo Budaya Lembata
Lokasi Expo Harnus dip pelabuhan Laut Lewoleba.(foto:sandro)
Lokasi Expo Harnus dip pelabuhan Laut Lewoleba.(foto:sandro)

64 Peserta Ikut Expo Budaya Lembata

WEEKLYLINE.NET – Dalam rangka perayaan Hari Nusantara di Lembata 2016, Pemerintah Kabupten Lembata, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagagangan menggelar Expo Budaya Lembata.

Kegiatan expo ini diikuti oleh 64 orang peserta dari seluruh kelompok binaan dan perorangan serta dinas dilingkup Setda Kabupaten Lembata.

Ansel Bahi, Koordinator Expo Harnus 2016, yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Kabupaten Lembata, kepada weeklyline.net di lokasi expo, 9 Desember 2016, menjelaskan untuk perayaan Hari Nusantara digelar expo Budaya Lembata dan expo Nusantara.

Expo Budaya Lemnbata, diikuti oleh berbagai kalangan di Lembata dan juga ada peserta dari luar Lembata.

“Untuk peserta dari Lembata berjumlah 64 kelompok. Dan stand yang kami sediakan tidak dibayar,” ungkap Bahi.

Kerajinan tangan khas Lembata (foto:sandro)
Kerajinan tangan khas Lembata (foto:sandro)

Lebih jauh Bahi menjelaskan, selain peserta dari Kabupaten Lembata, ada beberapa peserta dari luar daerah Lembata yakni, dari Kabupaten Kupang, Kota Kupang, Belu dan Maumere.

Bahi mengungkapkan Expo Budaya Lembata dibagi medunjadi dua bagian yakni Expo Kuliner Khas Lembata dan Expo Kerajinan Khas Lembata.

Secara keseluruhan Expo sesungguhnya dikelolah oleh dua Even Organizer yakni Expo Nusantara dikelolah oleh EO local yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah. Sementara Expo Nasional dikelolah oleh EO yang ditunjuk oleh Kementrian Perindustrian dan perdagangan Republik Indonesia. Berdasarkian informasi, stand kementrian ini dijual 25 juta.

Kegiatan Expo ini, dihadiri oleh Ketua Bidang Nusantara Expo yang juga Kepala Pusat Penelitian dan pengembangan Inovasi Daerah Balitbang Kemendagri, Dr. Dra. Rochayati Basra, M.Pd, Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk dan Gubernur NTT, Frans Leburaya.

Kegiatan Expo ini dibuka oleh Gubernur NTT, Frans Leburaya, mewakili Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo yang dimeriahakan dengan tarian Beku sebagai tarian selamat datang.

Anak anak SMK Ile Ape (foto:sandro)
Anak anak SMK Ile Ape (foto:sandro)

Pantauan Media Ini beberapa seluruh stand yang mengikuti expo Budaya Lembata seolah berlomba memamerkan kerajinan tangan dari bahan local Lembata. Misalnya, Stand milik Darma Wanita Kabupaten Lembata, memamerkan kerajinan tangan berupa tas wanita, sandal jepit, aksesoris wanita, cinderamata kapal layar dari kain tenun motif lembata.

Stand SMK I Ilepa Ape, menyediakan berbagai cinderamata kerajinan kayu. Ada garuda dari kayu jati. Ada kapal layar tradisional. Ada asbak gelang dan berbagai kerajinan menarik lainnya.

Sementara itu, expo Nusantara diikuti berbagai instansi, misalnya BUMN, Angkatan Laut, Dukcapil Lembata dan intansi lainnya dengan harga stand Rp.25 juta. (sandrowangak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *