Beranda » Bisnis » AMA Jakarta Advokasi Petani Lahan Kering Agar Lebih Produktif
Salah Seorag Petani Desa Lewokeleng, Ile Boleng. [foto:asis]

AMA Jakarta Advokasi Petani Lahan Kering Agar Lebih Produktif

WEEKLYLINE.NET– Angkatan Muda Adonara Jakarta, punya cara unik saat liburan ke kampung halaman. Mereka tidak sekedar duduk diskusi di teras rumah. Mereka melakukan hal yang menyentuh kebutuhan masyarakat desa.

Ya, AMA Jakarta mengunjungi desa. Mereka berdesa bersama para petani di kebun kebun milik masayarakat. Sebut saja misalnya, beberapa hari lalu, Ketua AMA Jakarta, Asis W.N, bersama beberapa anggota melakukan kunjungan ke Desa Lewokeleng. Mereka duduk di kebun bersama para petani lahan kering di desa tersebut sambil bercerita tentang tanah, air dan hasil panen dari lahan kering itu.

“Pagi tadi sempatkan diri untuk melihat hasil kebun di salah satu desa di Adonara Desa Lewokeleng, Kecamatan Ile boleng, Flores Timur. Luas wilayah perkebunan ini mencapai 1 Ha. Bisa dibilang sukses melihat tanaman yang dikelolah oleh Bapak Endi Sanga & Ola Sabon,” tulis Asis kepada weeklyline.net melalui email, 7 September 2017.

Asis mengungkapkan, mereka bertemu dan berdiskusi dengan dua orang petani. Endy Sanga dan Ola Sabon. Dua petani yang kesehariannya melakukan budidaya lahan kering dengan tanaman tomat, lombok & sawi.

“Hasilnya cukup memadai. Bisa dibilang sukses. Untuk sekali Panen bisa mencapai 1 s/d 2 ton. Biasanya didistribusi ke Waiwerang, Larantuka  dan Maumere,” ungkap Asis seturut pengakuan Ola Sabon warga desa Lewokeleng yang dikunjungi hari itu.Walau demikian, Ola Sabon kepada Asis mengharapan agar mereka dibantu satu lagi sumur bor.

“Kami butuh banyak air Ade,” tulis Asis menirukan permintaan Ola Sabon.

Keluhan Ola Sabon ini, tidak berlebihan, sebab Ile Boleng terkenal dengan lahan kering & memang susah sekali untuk memperoleh air bersih baik dengan sumur bor atau sejenisnya.

Beberapa hari sebelum kunjungan ke lahan pertanian milik warga Desa Lewokeleng itu, Angkatan Muda Adonara (AMA) Jakarta menggelar kegiatan Seminar dengan Tema Pengelolaan Manajemen Bercocok tanam dan pengorganisasian kelompok tani yang prodiktif,efektif dan berkelanjutan serta Problematika pengelolaan anggaran Desa di aula Kecamatan Adonara Timur, Senin 4 September 2017.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Bupati Flores Timur Agus Boli.

Agus Boli mengapresiasi Kegiatan yang diselenggarakan oleh AMA Jakarta ini .

“Orang muda dari Jakarta ini memang potensial ,berpikir sekaligus bertindak dalam menyukseskan kegiatan ini. Sebagai orang muda kalian perlu memberikan kontribusi seperti ini sebagai media pembangunan daerah,” pinta Agus Boli.

Sementara itu Ketua Umum Angkatan Muda (AMA) Jakarta Asis W.N dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung sehingga kegiatan boleh terlaksana tersebut.

Kami sangat berharap kegiatan ini dapat memberikan sumbangsih pikiran yang positif guna pembangunan daerah yang efektif dan berkelanjutan.

“Kami melalui berbagai perjuangan untuk menyukseskan kegiatan ini,semoga berdampak baik bagi perubahan pembangunan daerah kita”.

Ketua Panitia Ibrahim Gere Bathan dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menunjang pembangunan daerah dengan menghadirkan narasumber berkualitas.

Hadir dalam seminar itu semua Kepala desa dan ketua kelompok tani se-Adonara dengan narasumber kegiatan Wakil Bupati Flotim,Dinas Pertanian Flotim dan Bapak Donatus Gede Sabon.

[bethan/wn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *