Beranda » Bisnis » Benahi Pelayanan, Harga Tiket ASDP Akan Naik
Kapal ASDP yang bersandar disalah satu pelabuhan penyeberangan di NTT

Benahi Pelayanan, Harga Tiket ASDP Akan Naik

WEEKLYLINE.NET – Sejalan dengan upaya pembenahan pelayanan yang terus dilakukan, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang berencana melakukan penyesuaian harga tiket kapal fery untuk semua lintasan.

Penyesuaian berupa kenaikan harga tiket kapal fery ini, rencananya akan dilakukan PT ASDP Cabang Kupang mulai tahun 2018. Pihak PT ASDP Cabang Kupang juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi NTT dan berbagai instansi terkait lainnya untuk upaya penyesuaian harga tiket kapal fery.

General Manager PT ASDP Cabang Kupang, Burhan Zahim ketika ditemui di ruang kerjanya, 8 November 2017, membenarkan adanya rencana penyesuaian harga tiket kapal fery tersebut.

Menurut Burhan Zahim, jika semua pungutan diluar perusahaan yang terjadi di atas kapal fery dihilangkan, harga baru tiket kapal fery nantinya akan terasa tetap pantas dan murah.

“Misalnya selama ini ada penjualan tikar atau kasur di atas kapal, yang bukan untuk pendapatan ASDP, jika penjualan tikar dihilangkan, dan penumpang yang membeli tiket sudah langsung mendapat tempat tidur, pasti kenaikan harga tiket akan terasa pantas dan masih murah,” kata Burhan Zahim.

Contoh lainnya, kata Burhan Zahim, dalam upaya pembenahan pelayanan, penjualan tiket kapal fery oleh PT ASDP Cabang Kupang akan dilakukan secara online. Sehingga, calon penumpang tidak harus datang pagi-pagi lalu antrian membeli tiket secara manual di loket pelabuhan, dan berebutan naik ke atas kapal untuk bisa mendapatkan tempat tidur.

“Penumpang bisa datang setengah jam atau seperempat jam sebelum kapal berangkat karena sudah mengantongi tiket kapal yang dibeli secara online, dan pada tiket nantinya sudah tertera nomor tempat tidurnya. Jadi meski datang terlambat, tapi sudah pasti tempat tidurnya,” kata Burhan Zahim.

Menurut Burhan Zahim , penumpang tidak harus antrian beli tiket secara manual di loket pelabuhan, sehingga harus ada biaya makan minum tambahan karena terlalu lama berada di kawasan pelabuhan sebelum naik keatas kapal.

“Sekarang ini ASDP Cabang Kupang terus melakukan pembenahan untuk memberi pelayanan yang lebih baik kepada penumpang. Sehingga wajar jika harus melakukan penyesuaian harga tiket kapal fery. Yang pasti melalui pertimbangan yang mamtang agar tidak memberatkan para penumpang,” kata Burhan Zahim.

Pembenahan yang dilakukan, kata Burhan Zahim, bukan cuma diatas kapal tetapi juga di Pelabuhan Bolok dan Pelabuhan PT ASDP lainya di kabupaten. Pembenahan yang dilakukan di pelabuhan, dimulai dari penataan kawasan pelabuhan, pengamanan, kebersihan, penjualan tiket, hingga masalah pengangutan penumpang kapal keluar dan masuk kawasan pelabuhan.

Sementara pembenahan di atas kapal, kata Burhan Zahim, berupa penertiban pungutan liar di atas kapal, perbaikan fasilitas tempat tidur dan tempat duduk di atas kapal dan masalah kebersihan kapal serta hal lainnya.

“Memang  pembenahannya tidak bisa dilakukan sekaligus, tetapi kita terus berupaya untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sebagai penggunna jasa kapal Ferry ASDP. Sumber daya manusia (SDM) PT ASDP Cabang Kupang juga terus ditingkatkan supaya lebih baik dalam menjalankan tugas,” kata Burhan Zahim. (maxmilian/sandrowangak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *