Beranda » Hukum » Sia Sia Kalau Hasil Pilkada Lembata Dilaporkan ke MK
Foto : Juprianus Lamablawa (ist)
Foto : Juprianus Lamablawa (ist)

Sia Sia Kalau Hasil Pilkada Lembata Dilaporkan ke MK

WEEKLYLINE.NET – Karena selisih suara TITEN sebagai pemenang kedua dengan SUNDAY sebagai pemenang pertama lebih dari 2 % maka bisa dipastikan Hasil pilkada Lembata akan ditolak Mahkama Konstitusi.

Praktisi hukum Jupriansah Lamabelawa, SH, MHum menegaskan hasil sengketa hasil perhitungan perolehan suara dalam Pilkada Lembata tak bisa diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pasalnya, selisih perolehan suara antara pemenang pertama dan kedua melebihi batas prosentase yang dipersyaratkan MK.

“Ya, Selisih suara Titen dan Sunday cukup jauh, diatas 2% kalau tidak salah. Sehingga, tidak bisa digugat ke MK. Kalau digugat ke MK, sudah pasti MK tolak,” tandasnya kepada media ini, 20 Februari 2017.

Mengomentari aksi penolakan yang dilancarkan saksi perhitungan suara di tingkat PPK oleh TITEN dan VIKTORI, pengacara yang lagi naik daun ini menyatakan tak masalah.

“Saksi Paslon tidak mau tanda tangan berita acara di tingkat PPK, tidak ada masalah. Tinggal tuangkan keberatan mereka dalam berita acara. Proses tetap berjalan,” tandasnya.

Menurut dia, tahapan telah selesai. “Yang ada tinggal rekap hasil. Formulir C1 dari TPS itu ditandatangani juga oleh saksi dari pasangan calon. Jika mereka keberatan dengan hasil pemungutan suara, silahkan bawa ke Mahmakah Konstitusi. MK mengadili perselisihan hasil pemilukada, bukan proses,” jelasnya., seraya menambahkan, selisih hasil perolehan suara akan sulit untuk diterima oleh MK.

Kalau perkara etik terkait penyelenggara, sambung Lamabelawa, diadukan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Sedangkan, “Perkara administrasi atau pidana pemilu itu di Bawaslu, PTUN, Polri (penegakan hukum terpadu),” papar dia.

Soal ada indikasi pelanggaran yang memenuhi unsur pidana, dia mempersilahkan untuk melaporkan kepada pihak kepolisian. “Lihat Psl. 146- 150 UU No. 1 thn 2015 diubah dgn UU No. 8 thn 2015. Kalau ada pengaduan dari pihak pasangan calon tentu pihak kepolisian akan segera menindaklanjuti,” tandasnya.

Sekedar diketahui, pilkada Lembata meghasilkan Paket SUNDAY, Yentji-Thomas sebagai pemenang dengan perolehan suara sebanyak 38,31 % atau 24.211 suara. Urutan kedua diraih paket TITEN dengan perolehan suara 16.540 suara atau 26,18 %. VIKTORI urutan ketiga, 23,35 % atau 14.753 suara. Dan WINNERS 7,77 % atau 4.913 suara, dan HALUS 4,39 % atau 2.773 suara. Hasil ini berdasarkan real count C1 yang ditayangkan di website resmi KPU.

(sandrowangak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *