Beranda » Hukum » Sebelum Pleno, Oknum Panwas Ketemu Herman Wutun, Ada Apa ?
Foto : Aksi Damai massa Paket TITEN, saat sedang terjadi rapat pleno KPU Lembata, 22 Februari 2017.(foto:sandro)
Foto : Aksi Damai massa Paket TITEN, saat sedang terjadi rapat pleno KPU Lembata, 22 Februari 2017.(foto:sandro)

Sebelum Pleno, Oknum Panwas Ketemu Herman Wutun, Ada Apa ?

WEEKLYLINE.NET – Aksi Damai Paket TITEN, yang mewarnai rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pilkada Lembata menuntut Kebenaran.

Pasalnya menurut mereka selama 17 tahun rakyat Lembata menderita. Bahkan rekam jejak selama 15 tahun jejak pilkada Lembata dinodai.

Hal ini disampaikan oleh salah seorang orator aksi, Alfian Beraf, dalam aksi damai paket TITEN Lembata Bersih di jalan masuk menuju kantor KPU Lembata, bilangan Lamahora, 22 Februari 2017.

Dalam orasinya, Alfian membeberkan beberapa hari sebelum rapat pleno KPU Lembata dilaksanakan, ada oknum panwas lembata, berasal dri Nubatukan datang ke posko TITEN 1 untuk melakukan lobi kepada Calon Bupati Paket TITEN Herman Wutun untuk tidak boleh membuka kotak suara Kecamatan Nubatukan saat rapat pleno berlangsung.

“Akann tetapi bapak herman tdak mau.
Kamu mau saya sebut dia punya nama ?,” teriak Alfian disambuy tepukan tangan dari ratusan massa TITEN yang berkumpul di depan Kantor Depag Lembata.

Sementara itu, Sumarlin Wuwur dalam orasinya menyatakan hari ini menjadi puncak kemarahan rakyat, sebab demokrasi pilkada Lembata sedang membunuh rakyatnya.

Wuwur menuntut agar KPU Lembata membuka kotak suara dan menghitung ulang. Sebab, menurut Wuwur, ada oknum yang sedang bermain dan melakukan pelanggaran secara terstruktur, sistematis dan masig.

Wuwur dalam tuntutannya berfilosofi bahwa jangan bereforia semu diluar kotak karena itu adalah kemenangan busuk.

“Kotak suara harus dibongkar. Sebab diluar kotak ada kemenangan yang busuk maka di dalam kotak ada kebenaran yang hakiki. Didalam kotak ada suara rakyat”, tegas Sumarlin Wuwur disambut yel yel Lembata Bersih oleh massa yang hadir.

Aksi massa ini dilakukan secara damai dan tertib walau beberapa kali mereka menutup akses jalan umum. Aksi ini dijaga ketat oleh pihak keamanan.

Selang beberapa saat, sekira Pkl. 04.30, Komisioner KPU Lembata, Gabriel Tobi Sona menemui massa TITEN dan menerima surat pernyataan mereka sembari dikawal ketat pihak keamanan.

Massa akhirnya membubarkan diri sekira Pkl. 17.55 setelah mendapat peneguhan dari Vian Burin, Calon Wakil Bupati TITEN.

Sampai berita ini ditulis pukul.18.55 wita, Rapat pleno KPU masih berlangsung dengan Laporan Hasil rekapitulasi PPK Nubatukan. Sebelumnya, sudah dilaksanakan rekapitulasi perhitungan oleh PPK Ile Ape dan Ile Ape Timur. (sandrowangak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *