Beranda » Jurnal » Ilmu Hitam Pandangan Orang Kampung
Ilustrasi/google

Ilmu Hitam Pandangan Orang Kampung

WEEKLYLINE.NETRealitas hidup konkret menunjukkan bahwa manusia ada dan hidup di dalam kosmos. Ia merupakan bagian dari kosmos dan lazimnya disebut mikrokosmos,sementara makrokosmosnya adalah dunia. Sebagai makhluk mikrokosmos yang hidup dalam makrokosmos, manusia yang dibekali dengan pengalaman hidupnya dalam keseluruhan aspek membentuk konsep atau pandangan tentang kosmos.

Pandangan masyarakat tentang alam kosmos bersifat mono-dualistis, artinya ada dua unsur dalam kosmos tapi dipakai dalam pengertian yang tunggal. Yang satu mengandaikan yang lain atau yang satu tidak dapat ada tanpa yang lain.  Hal ini dapat dilihat dan dipahami dari keyakinan mereka bahwa pada prinsipnya segala sesuatu berpasangan. Ada unsur jantan dan betina, perempuan dan laki-laki, pemuda-pemudi, bapa-ibu, kakak-adik. Semuanya ada untuk saling melengkapi dan merupakan satu kesatuan.

Pengalaman-pengalaman konkret harian masyarakat mempengaruhi pola pikir dan pola pandang terhadap segala sesuatu yang terjadi di tengah kehidupannya.  Pandangan dan pola pikir masyarakat terhadap kekuatan alam atau pikiran mistis terlahir karena masyarakat telah menyatu dengan alam. Untuk itu tidak heran jika kekuatan ilmu hitam membudaya dalam kehidupan sosial masyarakat.

Lihat Juga

Ingin Bebas

  Inginku terbang menukik … Lebih tinggi dan makin tinggi Melintasi samudra  dan benua Bagaimana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *