Beranda » Kesehatan » Hujan Sejam Lokasi Harnus Becek
Foto : Genangan air di lokasi expo Budaya dan Expo Nasional, Harnus 2016 yang terpusat di Pelabuhan Lewoleba. (foto:sandro)
Foto : Genangan air di lokasi expo Budaya dan Expo Nasional, Harnus 2016 yang terpusat di Pelabuhan Lewoleba. (foto:sandro)

Hujan Sejam Lokasi Harnus Becek

WEEKLYLINE.NET – Kegiatan Hari Nusantara di Lembata, yang terkesan meriah tercoreng dengan guyuran hujan.

Senin, 12 Desember 2016, langit Pulau Lembata mendung dan hujan mengguyur kota Lewoleba selama hampir dua jam sejak pkl. 13.15 sampai 14.27 witeng.

Guyuran hujan ini mengakibatkan tenda utama di Lokasi expo budaya dan expo nasional, harus diperbaiki.

Bukan hanya itu, pengunjung pun merasa terganggu karena lokasi expo nusantara dan expo budaya, terdapat banyak genangan air.

Beberapa stand expo budaya kemasuan air beberapa barang yang dipajanh basah.

Genangan air ini bukan hanya berada di lokasi expo, tetapi juga di sepanjang pintu masuk pelabuhan jeti pemda.

Pun demikian dengan sampah. Botol aqu bekas, bungkusan nasi dan kotoran plastik lainnya nampak berserakan dan menumpuk dalam genangan air.

Persis di depan panggung utama expo, terlihat beberapa tumpukan sampaj gelas aqua bekas, bungkusan makanan, tisu dan beberapa sampah plastik berserakan, selepas acara penutupan lomba dayung dan lomba renang oleh Gubernur NTT, Frans Leburaya.

Benediktus Beda, salah seorang pengunjung expo mengeluhkan kondisi ini. Akan tetapi beberapa anak anak nampak asyik.bermain dan melompat riang dalam genangan air tersebut sembari memindahkan botol aqua bekas yang berserakan.

Jalan masuk ke lokasi puncak perayaan pun becek dengan genangan air di beberapa titik.

Panitia Harnus dan Panitia Expo, nampaknya tidak menyiapkan tempat sampah akibatnya pengunjung membuang sampah di sembarang tempat.

Bahkan di pujasera jetti pemda pun tidak disiapkan tempat sampah.
Di teras puluhan rumah makan dan cafee di pujasera itu nampak sampah dibuang begitu saja.

Padahal, baik Gubernur NTT, Frans Leburaya dan Penjabat Bupati Lembata, berulang kali menghimbau agar menjaga kebersihan dalam kota terutama di lokasi Harnus.

Sebut saja misalnya, saat membuka kegiatan temu warga pesisir yang digagas oleh Kementrian Dalam Negeri bersama LSM pondok Perubahan dalam kegiatan temu warga pesisir, Sinun petrus Manuk sudah menghimbau agar menjaga kebersihan kota.(sandrowangak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *