Beranda » Kesehatan » Peserta JKN Capai 38.000 di Lembata
Foto : Army P (foto: sandro)
Foto : Army P (foto: sandro)

Peserta JKN Capai 38.000 di Lembata

WEEKLYLINE.NET – Kesadaran masyarakat Lembata akan pentingnya kesehatan semakin tinggi.

Peningkatan kesadaran masayarakat ini terlihat pada peningkatan peserta program Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat. Sebanyak 65.548 jiwa penduduk miskin dan tidak mampu di Kabupaten Lembata telah mendapat jaminan kesehatan dari pemerintah pusat dengan memegang kartu JKN KIS.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Regional XI BPJS Kesehatan Bali Nusra, Army A, saat melakukan perpanjangan penandatangan antara BPJS Kesehatan Cabang Maumere dengan pemerintah Daerah kabupaten Lembata, di aula kantor Bupati Lembata, 18 Januari 2017.

Dalam nota perjanjian tersebut, pemda Kabupaten Lembata melalui APBD tahun 2017, mendaftarkan 28.000 jiwa penduduk.

dengan demikian total keseluruhan peserta JKN KIS di Lembata yang sudah tercover sebanyak 36.000 sebab pada tahun 2016 Pemda Lembata juga sudah mendaftarkan sekitar 8000 jiwa melalui anggaran APBD II.

“Tentu penduduk yang menjadi peserta JKN KIS sudah melalui verifikasi dan validasi data kependudukan sehingga benar benar memenuhi persyaratan,” ungkap Penjabat Bupati Lembata, Sinun Petrus Manuk.

Sementara itu, Kepala Divisi Regional XI BPJS Kesehatan Bali Nusra, Army P, menegaskan peserta JKN KIS yang sudah mendapatkan kartu, harus disimpan dengan baik dan digunakan oleh peserta yang namanya terterah dalam kartu tersebut.

“Kartu JKN tidak boleh dipindahtangankan,” ungkap Amry.

Sejak tahun 2010, pemerintah kabupaten Lembata berkomitmen mensukseskan Program JKN KIS melalui program Jamkesda, sehingga penduduk Lembata sudah tercover sebanyak 91.52% pada tahun 2017. (sandrowangak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *