Beranda » Kesehatan » GERMAS Masuk Lite
Ilustrasi

GERMAS Masuk Lite

WEEKLYLINE.NET – Sabtu, 05 Agutus 2017 bertempat di Paroki Lite Kecamatan Adonara Tengah Kabupaten Flores Timur akan dilaksanakan sosialisasi Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Keluarga Sehat melalui pendekatan keluarga.

Kepala Puskesmas Lite Simon Seli Demon kepada media ini, Minggu, 6 Agustus 2016 menjelaskan Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Kementrian Kesehatan RI yakni Kepala Pusat Perencanaan Kemenkes RI. Bapak Sugiharto, Anggota Komisi IX DPR RI. Pius Lustrilanang, S.Ip., Msi dan Bupati Flores Timur Anton Hadjon, ST.

Sementara itu, saat ditemui di Puskesmas Lite, Kepala Seksi Kepala seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Kabupaten Flores Timur menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap program GERMAS, juga GERMAS dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif masyarakat.

Tujuan GERMAS, pertama, Menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan; kedua, Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan ketiga, Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

“Prinsip GERMAS, yaitu Kerjasama multisektor; Keseimbangan masyarakat; keluarga dan individu; Pemberdayaan masyarakat; dan Penguatan sistem kesehatan; Pendekatan siklus hidup; Jaminan Kesehatan Nasional (JKN); dan berfokus pada pemerataan layanan,” demikian ungkap Johria Parmin, STT,. M. Keb.

Staf puskesmas Lite Suria Hasyim, SKM menyampaikan, Gerakan ini akan dimulai dengan 3 fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah, serta deteksi dini penyakit tidak menular (PTM).

Kegiatan ini akan dirangkai dengan Talksohow dan diskusi bersama yang akan di pandu oleh Koordinator Agupena Kecamatan Adonara Tengah Asy’ari Hidayah Hanafi.

 

[arytokan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *