Beranda » Pariwisata » Karena Itu, Fiona Pun Rela Ke Puncak Ile Ape
Fiona Callaghan Saat melakukan Pemotretan di Puncak Ile Ape dengan Busana Adat Asli Ile Ape (foto: ernaruing)
Fiona Callaghan Saat melakukan Pemotretan di Puncak Ile Ape dengan Busana Adat Asli Ile Ape (foto: ernaruing)

Karena Itu, Fiona Pun Rela Ke Puncak Ile Ape

WEEKLYLINE.NET – Mendaki gunung tidak hanya dapat dilakukan oleh komunitas-komunitas pecinta alam saja, semua orang bisa melakukannya asalkan punya kemampuan dan semangat untuk tetap menjaga dan mencintai alam di sekitarnya.

Siapa sangka model papan atas, Fiona Callaghan juga tertarik dan mau memburu pesona alam di belahan Indonesia. Menariknya, mantan finalis putri Indonesia tahun 2009 ini, rela mendaki puncak Ile Ape hanya untuk mencari view dan setting pemotretan di Puncak Ile Ape yang eksotik.

Fiona datang sendiri ke Lembata, dan ditemani salah seorang Fotografer Lokal, Erna Ruing yang juga pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Lembata.

Ketertarikan model kelahiran Kinabalu, Malaysia ini dengan pemadangan Gunung Ile Ape membuatnya mengabadikan beberapa foto modelnya dengan pakaian adat asli Ile Ape.

Pada kepala Fiona, terbalut mahkota buluh ayam khas penari wanita Ile Ape, juga kain sarung tenunan asli dan aksesoris wanita ile ape lainnya, semisal gelang gading dan manik manik asli.

Eksotis dan elegan, itulah kesan dari kostum adat ile ape yang dikenakan Fiona Callaghan, wanita kelahiran 25 Maret 1985 ini.

Kepada weeklyline.net, Erna Ruing mengungkapkan kehadiran Fiona presenter Jendela Wisata di MNCTV di Lembata adala bagian dari perjalanan wisata Fiona, dan mencoba mencoba busana adat lembata dan busana ile ape menjadi pilihan wanita yang pernah menjadi Speaker for LSPR Fashion Day Urban SAGA “Seminar Fashion Journalism“ in The London School of Public Relations ini. Luar biasa. Bukan hanya memilih busana adat asli ile ape, tetapi juga melakukan pemotretan di puncak ile ape dekat kawah gunung berapi itu.

“Dia dating karena dia tertarik dengan keindahan alam di Lembata dan ingin mencoba busana adat asli ile ape,” ungkap Ruing, Selasa, 20 Desember 2016.

Selama berada di Lembata, Fiona mengunjungi beberapa obyek wisata, diantaranya, Kampung Nelayan Ikan Paus, Lamalera, Teluk Waienga, Pulau Siput di Teluk Lewoleba dan Gunung Ile Ape serta mengunjungi beberapa penenun busana tradisional di Ile Ape dan Ile Ape Timur.

Bagi Fiona, berkunjung ke Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tak ada salahnya untuk mencoba mendaki Gunung Ile Ape sembari menikmati lembayung senja keindahan alam yang disuguhkan dan melakukan pemotretan di puncak itu berpadu busana adat daerah setempat.

Sekedar diketahui, Gunung Ile Ape merupakan sebuah gunung yang masih aktif dan selalu mengeluarkan lahar belerang. Gunung ini memiliki panorama alam yang indah dengan keberadaan kawah-kawah di beberapa bagian gunung.

Panorama alam pegungungan Ile Ape merupakan sebuah obyek menarik bagi wisatawan yang melakukan kegiatan pendakian (hiking) sambil menikmati keindahan alam yang berada di sekitar pegunungan.

Semua orang yang berkunjung ke Lembata pasti akan terpesona oleh keindahan Ile Ape, gunung berapi di semenanjung kecil, tepatnya di samping Teluk Lewoleba. Lokasinya cukup fotogenik karena langsung terlihat saat merapat ke Lembata dengan kapal laut ataupun dengan pesawat terbang.

Jika cuaca sedang cerah, pilot pesawat terbang Susi Air tak akan sungkan melakukan atraksi mengelilingi gunung tersebut. Ile Ape merupakan landmark-nya Lembata. Ile Ape merupakan gunung dengan ketinggian 1450 meter diatas permukaan laut.

Dengan posisinya yang cukup strategis, jika berada di puncak gunung tersebut telah menemukan tempat yang sangat ideal untuk berburu sunset maupun sunrise. Terdapat punggung gunung yang sangat cocok sebagai lokasi berkemah didekat kawah dengan areal pasir putih yang membentang.

Dari lokasi berkemah pemandangan pemandangan matahari terbenam sangat menakjubkan, karena jauh dibawahnya terlihat serangkaian teluk-teluk, baik teluk utara maupun teluk selatan.

Selain itu juga akan terlihat keindahan-keindahan gunung Ile Boleng, gunung yang terletak di ekor pulau Adonara, menghadap ke Pulau Lembata yang hanya dipisahkan oleh selat sempit.

Dalam pendakian akan dijumpai kaldera seluas hampir 1 km2 yang sudah ada sejak 1889 dan akan membuat anda terpana dengan pasir kalderanya yang berwarna agak putih. Batok gunung memiliki retakan-retakan belerang berwarna kuning cerah.

Di lereng bagian timur pemandangan lain terbentang laut di teluk Jontona seolah danau luas dengan sebuah pulau kecil di tengahnya bagaikan view Danau Toba. Gunung Ile Ape di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu ikon dari keindahan alam Indonesia.

Tidak heran jika Ile Ape menarik banyak wisatawan mancanegara untuk mendakinya dan melihat langsung keindahan Gunung Ile Ape. Selain itu Gunung Ile Ape merupakan salah satu tempat terindah yang menjadi incaran oleh banyak fotografer.

Catatan media ini, pernah beberapa pendaki perempuan dari Aceh mengibarkan bendera Merah Putih saat HUT RI beberapa tahun lalu. Mereka menyebut Gunung ini sebagai gunung Cinta Kasih.

Ketika mendengar kata Gunung Ile Ape yang akan terbayang adalah keindahan gunung ini dan cerita-cerita seru selama pendakian, tidak heran Gunung Ile Ape merupakan sebuah gunung yang esksotis dan sebuah ikon di Lembata, NTT.

Cerita Ile Ape seluruh pemadangan yang eksotik akan semakin kesohor dengan hadirnya Fiona Callaghan, bertepatan dengan Harnus2016 lalu, yang juga pernah menjadi Juri untuk Pemilihan Putra Putri Bahari Kepulauan Seribu 2008 dan aktifis untuk Pulau Komodo dalam Rangka New 7 Wonders of Natures. Walahualam. (sandrowangak)

Satu tanggapan

  1. Taufik El Rachman

    Klarifikasi berita : memang betul Fiona menaklukan puncak ile ape dgn pakaian adat tradisional, tp dalam rombongan fiona ditemani bersama temen2 dari ekpedisi 13 lembata, yg didalamnya tdk ada yg namanya Erna Ruing dan foto2 yg diterbitkan diartikel merupakan hasil kerja tim ekspedisi 13 dan fiona callaghan..!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *