Beranda » Politik » Pleno PPK diwarnai Aksi Walkout Saksi Viktori-TITEN
Foto : Suasana Pleno PPK Nubatukan (foto:sandro)
Foto : Suasana Pleno PPK Nubatukan (foto:sandro)

Pleno PPK diwarnai Aksi Walkout Saksi Viktori-TITEN

WEEKLYLINE.NET – Tahapan pleno tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), untuk pilkada Lembata dilaksanakan serentak di seluruh Kecamatan, Jumad, 17 Februari 2017.

Sebanyak sembilan PPK melakukan pleno serempak dikawal aparat keamanan dari Polres Lembata dan personil TNI.

Ketua PPK Nubatukan, Elias Keluli Making, ditemui di Kantor Camat Nubatukan disela sela rapat Pleno, mengungkapkan, proses rapat pleno berjalan dengan baik. Tidak ada kendala yang berarti.

Akan tetapi, demikian Keluli Making, rapat pleno di buka pukul 09.00 wita dan setelah dirinya membacakan tata tertib rapat pleno, ada selaan atau interupsi dari saksi paket TITEN yang mengusung Herman-Vian dan saksi Paket VIKTORI yang mengusung Viktor-Nasir.

Kedua saksi dari paket nomor satu tersebut meminta untuk pleno dibatalkan dengan alasan saat tahapan pencoblosan terjadi pelanggaran yang masif, tersistematis dan terstruktur. Saksi paket TITEN dketahui bernama Nyongki Warat dan Saksi paket VIKTORI diketahui bernama Yohanes Boro.

Karena pelanggaran yang masif, saksi kedua paket tersebut meminta Ketua PPK untuk menghentikan rapat pleno. Sayangnya, para saksi, Yan Boro dan Nyongki Warat, tidak bisa memberika bukti terkait pelanggaran masif yang dilakukan.

Oleh karena itu, permintaan kedua Saksi TITEN dan VIKTORI tidak dapat dipenuhi oleh Ketua PPK Nuembatukan, Elias Keluli Making, seraya melanjutkan rapat pleno perhitungan suara ttingkat kecamatan nubatukan.

Merasa permintaan mereka sia sia, Yan Boro dan Nyongki lalu melakukan aksi walkout dan rapat pleno tetap berjalan dengan saksi yang hadir hanya dari paket SUNDAY. Karena, saksi WINNERS dan HALUS juga tidak hadir.

Kejadian walkout ini, dilakukan bukan saja di Kecamatan Nubatukan, tetapi dilakukan di seluruh kecamatan se Kabupaten Lembata. Saat berita ini ditulis Rapat pleno PPK Nubatukan masih berlangsung.

Martinus Melly, salah satu PPS di Kecamatan Ile Ape Timur juga membenarkan bahwa saksi dari TTEN dan VIKTORI melakukan aksi walkout saat pleno PPK di Lamau, Ibukota Kecamatan Ile Ape Timur.

Sekedar di ketahui, pilkada Lembata meghasilkan Paket SUNDAY, Yentji-Thomas sebagai pemenang dengan perolehan suara sebanyak 38,31 % atau 24.211 suara. Urutan kedua diraih paket TITEN dengan perolehan suara 16.540 suara atau 26,18 %. VIKTORI diurutan ketiga, 23,35 % atau 14.753 suara. Dan WINNERS 7,77 % atau 4.913 suara, dan HALUS 4,39 % atau 2.773 suara. Hasil ini berdasarkan real count C1 yang ditayangkan di website resmi KPU. (sandrowangak/fincebataona)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *