Beranda » Politik » Berdayakan Orang Muda Flotim, Kita Mulai dari Desa
Beberapa ketua Kelompok di Desa Tuwagoetobi saat memberikan testimoni manfaat berorganisasi.

Berdayakan Orang Muda Flotim, Kita Mulai dari Desa

WEEKLYLINE.NET – Pemerintah Desa Tuwagoetobi, Kecamatan Witihama Kabupaten Flores Timur, menggelar Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD), untuk orang muda di desa itu,  selama dua hari mulai Jumat-Sabtu, 17 s/d 18 Nopember 2017.

Ketua Panitia Yohanes Rou Boli, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan LKTD dilakukan dengan tujuan mengali potensi kaum Muda di desa.

“Kegiatan LKTD untuk pertama kalinya kita gagas untuk dilaksanakan di Desa Tuwagoetobi selama dua hari. Salah satu tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menggali potensi kaum muda di desa. Selain itu, momentum LKTD dijadikan sebagai forum yang merangsang dan memotivasi kaum muda untuk berkarya,”kata Jhon Rou Boli.

Rou Boli menjelaskan, sudah saatnya, dilakukan pemberdayaan terhadap kaum muda Flotim. Dan gerakan itu mesti dimulai dari desa.

“Pemberdayaan kaum muda Flotim sudah saatnya mendapat porsi lebih. Dan mari kita lakukan pemberdayaan yang dimulai dari desa. Kaum Muda Desa Tuwagoetobi memulai, tentu dalam keterbatasan. Kita tidak berharap bahwa setelah kegiatan, langsung melihat atau memetik hasilnya, namun proses yang terus dilakukan akan memberikan manfaat positif untuk kaum muda di desa,” ujarnya.

Adapun materi yang akan dibagikan dalam LKTD kali ini diantaranya: Motivasi berorganisasi, Publik Speaking, Teknik Memimpin Rapat, Kesekretariatan, Jurnalisme Warga, Peran Kaum Muda dalam prmbangunan di desa, Penggunaan Media Sosial Secara Efektif, Dinamika Kelompok,Wirausaha, Seni Mengolah Konflik, Demostrasi.

Narasumber yang hadir, Alex Ofong (Wakil Ketua DPRD NTT), Lanny Koroh (Akademisi), Silvester Petara Hurit (Seniman), Daniel Ama Nuen (Tokoh Muda), Maksimus Masan Kian (Ketua Agupena Flotim), Muhammad Soleh Kadir (Pengurus Agupena Flotim). As’yari Hidayah Hanafi (Pengurus Agupena Flotim), Sandro Balawangk (Pemimpin Redaksi Media Online Weeklyline.net), Kasmir Kopong (Manager Swastisari) dan Ola Mangu Kanisius (Staf Ahli Ombdsman NTT).

Maksimus Masan Kian Ketua Agupena yang juga putra Kelahiran Tuwagoetobi, didapuk membawakan Motivasi dan manfaat Berorganisasi. Dalam Kegiatan yang dibuka oleh Camat Witihama, Laurenisus Lebu Raya, SH tersebut, Masan Kian menjelaskan, berorganisasi dapat menciptakan insan muda yang unggul, bertanggungjwab, mampu membagi waktu, bertahan dalam tekanan, mengasa kedewasaan emosional, memperluas wawasan dan pergaulan, serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan. (stanislamapaha/maksimusmasankian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *