Beranda » Seni Budaya » PGRI Flotim Diminta Selamatkan Anak Muda Kampung
Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Witihama Agussalim Bebe Kewa melantik anggota pramuka Gudep SMPN Balaweling. Foto : azam Lewokeda

PGRI Flotim Diminta Selamatkan Anak Muda Kampung

WEEKLYLINE.NET-Waktu telah menunjukkan pukul 10.45 WITA. mendung terus menudung hingga mentari terhalang. Murid-murid berseliweran mencari dan menemui guru-gunya demi memberi ucapan selamat. Begitupun para guru saling mengapresiasi, memotivasi bersama, suasana indah dan semangat sangat terasa.

Setelah apel bendera kegiatan dilanjutkan dengan ramah-tamah sederhana yang bertempat di Aula SDK Lite. Ratusan guru anggota Cabang PGRI Adonara Tengah berjubel masuk ke dalam ruangan Aula SDK Lite.

Dibagian depan terlihat Valentinus Basa Camat Adonara Tengah, pengurus Kabupaten PGRI Flores Timur Silvester Witin, S.Fil, Ketua Cabang PGRI Adonara Tengah Yohanes Boli, S.Pd. SD, telah menempatai kursi yang menghadap kearah peserta.

Silvester Witin, S.Fil saat memberikan sambutan mewakili Pengurus Kabupaten PGRI Flores Timur menyampaikan bahwa perjuangan sebagai organisasi profesi harus sesui dengan visi dan misi Bupati Flores Timur yaitu selamatkan orang muda.

“Oleh karena itu peningkatan kapasitas guru menjadi penting, karena nasib anak bangsa ini menjadi tanggung jawab guru terutama dengan pendidikan karakter”, ungkap Sil Witin.

Guru SMAN 1 Larantuka yang juga Wakil Ketua AGUPENA Flores Timur ini menegaskan Gerakan literasi harus masuk dan merasuk dalam wilayah sekolah. Terutama mengenalkan anak pada dasar litetasi yaitu kemampuan baca tulis.

Witin juga menyampaikan bahwa AGUPENA Flores Timur saat ini terus bergerak memperkenalkan gerakan ini dibergai sekolah di wilayah Flores Timur, salah satu kegiatannya yakni gerakan katakan dengan buku.

“Kami menyediakan dan membagi buku-buku bacaan secara gratis, jika ibu bapak berminat silakan hubungi AGUPENA”. Jelas Sil dalam ajakan.

Diakhir sambutannya Silvester Witin yang juga penulis Buku Revolusi Mental Ala Guru ini memberikan “Buku Tapak Tuah” Antologi Puisi Tiga Pengajar Muda Flores Timur yang salah satu penulisnya merupakan putra asli Adonara Tengah sebagai Kado dari Pengurus Kabupaten PGRI Flores Timur kepada Ketua Cabang PGRI Adonara Tengah Yohanes Boli, S.Pd. SD.

 

Pramuka Memberi Andil

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Witihama Agussalim Bebe Kewa melantik anggota pramuka Gudep SMPN Balaweling naik tingkat dari penggalang menjadi penggalang ramu di lapangan olahraga Lembaga tersebut Minggu 26 November 2017.

Sekitar 35 peserta penggalang ramu yang dilantik melalui kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami).

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai program kerja Gudep yang telah melaksanakan latihan rutin dan penguatan materi penggalang ramu sejak 3 bulan yang lalu.

Pembina Ina Wora Duran melalui pelatih senior Ferdinant Dunand mengatakan meski sekolah unit baru, namun pengembangan kepramukaan di gudep ini terus diperhatikan, kendatipun sarana dan prasarana masih minim namun melihat semangat dan pengorbanan para peserta didik begitu tinggi, sehingga tak bisa dibiarkan gudep ini berjalan sendiri namun harus dihidupkan.

Hasil koordinasi dengam pengurus Kwarran, maka bertepatan dengan memperingati hari guru, dilaksanakan kegiatan Pelantikan dalam bentuk Persami.

Usai acara pelantikan Kepala Sekolah Yohanes Sili Rotok melalui salah satu wakil pembina mengucapkan terimakasih atas pengaruh positif pihak Kwarran dalam mensukseskan hajatan ektra wajib ini.

Sili menyatakan permohonan maaf karena tak sempat bergabung dikarenakan ada halangan yang tak bisa ditinggalkan.

Pihak Kwarran pun mengucapkan apresiasi kepada pihak sekolah yang antusias tinggi mengembangkan pramuka di gudep ini.

Dengan harapan, pramuka di gudep yang terletak di lereng bukit kecamatan Witihama bisa berandil dan diperhitungkan di masa yang akan datang.(ari tukan/azam putra lewokeda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *